Batu Akik Getah Katilayu Asli

8:29 AM
Batu Akik Getah Katilayu: Getah katilayu seperti getah pada umumnya, hanya saja getah ini keluar dari pohon katilayu sehingga disebut getah katilayu. Pohon katilayu sendiri banyak ditemui disekitar Cirebon Selatan, khususnya didaerah Jatipranje, Lebakngok, Balong Salak, Beberan, Cidadap, dan sekitarnya. Oleh karena itu getah katilayu dikenal sebagai genter khas Cirebon.

Batu Akik Getah Katilayu, Jimat Mancing Ikan
Mata Cincin Getah Katilayu Asli

Mendapatkan getah katilayu tidak semudah mendapatkan getah pohon lain pada umumnya, karena batang pohon katilayu seperti pohon mati yang jarang sekali mengeluarkan getah meski pohon terkelupas atau bahkan dipotong sekalipun.

Getah Katilayu Jimat Untuk Mancing

Getah katilayu Cirebon sejak dahulu kala lebih dikenal sebagai batu khasiat ketimbang sebagai batu perhiasan. Khasiat getah katilayu antara lain dan yang paling umum yaitu digunakan sebagai jimat mancing ikan. Terbukti dari sekian banyak orang yang membeli getah katilayu kepada saya umumnya akan digunakan sebagai jimat untuk mancing.

Terlepas dari benar atau tidaknya getah katilayu asli digunakan sebagai jimat untuk mancing, banyak orang percaya bahwa setiap pemenang lomba mancing umumnya memiliki jimat getah katilayu baik dalam bentuk cincin, liontin, atau dalam bentuk bongkahan. Sehingga tidak heran jika getah katilayu lebih dikenal sebagai batu jimat mancing ikan ketimbang sebagai batu jimat penglarisan dagang dan pengasihan.

Macam-macam Getah Katilayu

Getah katilayu ada yang telah menjadi batu (disebut 'fosil getah katilayu'), dan ada pula yang masih dalam bentuk getah (disebut 'getah katilayu'). Namun umumnya getah katilayu asli yang banyak beredar dipasaran masih dalam bentuk getah, dan belum menjadi fosil sehingga sangat rapuh dan ringan.

Proses pembuatan mata cincin atau liontin dengan getah katilayu harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan dilakukan secara manual tanpa menggunakan mesin. Karena apabila dibuat dengan mesin gerinda, maka getah katilayu akan retak sehingga tidak menarik setelah dipoles.

Harga Getah Katilayu

Harga getah katilayu yang telah dibentuk mata cincin atau liontin sangat beragam. Namun umumnya getah katilayu yang siap naik ring dibanderol antara Rp. 250.000 sampai Rp. 800.000. Hal itu antara lain dipengaruhi oleh kualitas dan ukuran getah katilayu. Bahkan harga getah katilayu asli yang telah mengkristal bisa mencapai empat juta rupiah.

Selain itu, harga getah katilayu juga dipengaruhi oleh khasiat. Misalnya, harga getah katilayu yang telah terbukti bisa digunakan untuk jimat mancing ikan atau untuk penglarisan jauh lebih mahal dibanding dengan harga getah katilayu yang belum berhasil dibuktikan.

Cara Mendapatkan Getah Katilayu Asli

Getah katilayu asli Cirebon termasuk batu akik langka yang sulit didapatkan dari penjual batu pada umumnya. Karena kebiasaan orang-orang yang memiliki getah katilayu hanya akan menjual getah katilayu kepada mereka yang mencarinya saja. Dengan begitu, Anda hanya akan mendapatkan getah katilayu apabila Anda menanyakannya ke penduduk yang tinggal disekitar Cirebon Selatan.

Anda juga dapat membeli getah katilayu asli Cirebon dari saya dengan harga yang bervariasi. Silahkan hubungi kontak yang terdapat dibagian bawah untuk menanyakan ketersediaan getah katilayu dan membelinya. Jika Anda merasa ragu, Anda dapat membeli getah katilayu dengan sistem rekening bersama Bukalapak: DEPOT KATILAYU ASLI.

Namun begitu, perlu dicatat bahwa getah katilyu yang Anda beli belum tentu bisa digunakan sebagai jimat untuk mancing ikan meski itu benar-benar asli. Karena selain untuk jimat mancing ikan, getah katilayu juga ada yang berkhasiat sebagai penglarisan, pengasihan, dan wibawa. Satu-satunya jalan agar dapat Anda mengetahui khasiat getah katilayu apakah untuk jimat mancing ikan atau bukan yaitu dengan cara dibuktikan/ test.

KONTAK:

Ang Ghufron

Cibogo, RT 002 RW 009
Kel. Argasunya Kec. Harjamukti
Cirebon 45145

HP: 081-295-888-993
PIN BBM: 5E693E4D
Email: ghufron21@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »