Apa Itu Getah Katilayu?

10:40 AM
Apa Itu Getah Katilayu?: Getah katilayu seperti getah pada umumnya, hanya saja getah ini keluar dari pohon katilayu sehingga disebut getah katilayu, dan pohon katilayu sendiri banyak ditemui disekitar Cirebon Selatan, khususnya didaerah Jatipranje, Lebakngok, Balong Salak, Beberan, Cidadap, dan sekitarnya. Tidak heran jika pada akhirnya baik getah katilayu maupun batu katilayu dikenal sebagai gentar/ genter khas Cirebon.

Getah Katilayu Cirebon Berbentuk Mata Cincin
Getah Katilayu Cirebon Berbentuk Mata Cincin

Mendapatkan getah katilayu tidak semudah mendapatkan getah pohon lainnya, karena batang pohon katilayu seperti pohon mati yang jarang sekali mengeluarkan getah meski pohon terkelupas atau bahkan terpotong sekalipun. Bahkan saking sulitnya banyak orang percaya, bahwasannya hanya orang-orang yang telah menerima semacam wangsitlah yang bisa menemukan getah katilayu.


Getah katilayu Cirebon sejak dahulu kala lebih dikenal sebagai batu khasiat ketimbang sebagai batu perhiasan, antara lain dipercaya dapat memperlancar usaha, sebagai pelet memancing ikan, dan penglarisan dagang. Hal ini berbanding terbalik dengan batu katulayu Cirebon yang lebih dikenal sebagai batu perhiasan ketimbang sebagai batu khasiat.

Untuk membeli getah katilayu, silahkan buka halaman Jual Getah Katilayu Asli Cirebon.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »