Harga Getah Katilayu Murah, Waspadai Keasliannya!

7:11 AM
Harga Getah Katilayu Murah, Waspadai Keasliannya: Getah pohon katilayu Cirebon dari tahun ke tahun semakin sulit didapat. Hal itu selain disebabkan oleh karena semakin langkanya pohon katilayu, juga karena pohon katilayu yang masih hidup jarang sekali mengeluarkan getah seperti pohon pada umumnya. Bahkan ketika pohon katilayu tersebut ditebang sekalipun.

Bahan Getah Katilayu Asli Cirebon
Bahan Getah Katilayu Asli Cirebon

Saking sulitnya mendapatkan getah katilayu, banyak masyarakat yang tinggal disekitar Cirebon Selatan percaya bahwa hanya orang yang telah menerima wangsitlah yang bisa menemukannya langsung dari pohonnya. Anggapan itu agaknya tidak berlebihan karena beberapa sahabat karib saya yang memiliki pohon katilayu dihalaman rumahnya belum pernah menemukan getah katilayu meski pohon tersebut telah ada sejak dia belum lahir.

Disisi lain, peminat getah katilayu Cirebon semakin bertambah. Bahkan peminat getah katilayu tidak hanya orang Indonesia saja, melainkan juga diminati oleh orang-orang dari beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Hal itu saya katakan karena saya sendiri pernah beberapa kali mengirim getah katilayu Cirebon ke kedua negara tersebut. Oleh karena itu, tidak heran jika harga getah katilayu Cirebon terus meningkat dari waktu ke waktu, bahkan jika Anda membelinya langsung dari orang Cirebon yang tinggal disekitar daerah Jatipranje sekalipun.

Mata Cincin Getah Katilayu Cirebon Siap Naik Ring
Mata Cincin Getah Katilayu
Keadaan ini rupanya dimanfaatkan oleh para pedagang batu akik nakal untuk mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya dengan menjual getah katilayu palsu. Biasanya getah yang dijualnya bukan getah katilayu, melainkan getah pohon asem, kelor, duet, serta getah pohon lainnya yang memiliki kemiripan dengan getah katilayu asli. Bahkan saya pernah menemukan kemenyan yang diklaimnya getah katilayu.

Sayangnya, membedakan mana getah katilayu asli dan yang palsu tidaklah mudah. Karena selain butuh ketelitian dan kejelian, juga setidaknya telah mengenali aroma getah atau pohon katilayu yang khas. Namun yang pasti, harga getah katilayu asli umumnya lebih mahal dibanding dengan harga getah katilayu palsu. Oleh karena itu, jika Anda menemukan getah katilayu yang dijual murah jangan langsung kepincut karena ada kemungkinan itu bukan getah katilayu, melainkan getah pohon lain seperti yang telah saya sebutkan diatas.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »